PT. Arion Indonesia

Produk berkualitas dan bergaransi, dukungan SDM profesional dan terampil, jaminan kepuasan layanan dan support.

Laboratorium Bahasa

Sistem komputer, sistem digital, sistem double console, sistem manual, software MGLab Netlux Ace.

Evaluator Quiz

MGLab EQ 250, MGLab EQ 450, MGLab PDE 450. Tersedia juga berbagai paket project untuk SMP dan SD.

Peranan Lab Bahasa dalam Paradigma Lama dan Baru

Sebelum membahas peranan Lab Bahasa berikut kita bahas pengertian Paradigma secara singkat. Menurut C. J. Ritzer, paradigma adalah pandangan mendasar para ilmuan mengenai apa yang menjadi pokok permasalahan yang seharusnya dipelajari oleh satu cabang ilmu pengetahuan tertentu.

Kemudian, bagaimana peranan Laboratorium Bahasa dalam paradigma lama? Laboratorium Bahasa menjadi sangat popular sejak zaman Perang Dunia II, khususnya untuk belajar Bahasa Asing di Amerika Serikat. Saat itu Lab Bahasa dimanfaatkan untuk personel angkatan perang yang akan ditugaskan ke daerah-daerah pendudukan di negara asing dimana tenaga guru saat itu kurang. Jadi fungsi Lab Bahasa kala itu adalah sebagai pengganti guru.

Laboratorium Bahasa saat itu memberikan pelatihan yang bersifat menghafal dan menirukan secara mekanistik tanpa lelah. Dengan demikian, materi Bahasa asing yang dibuat dengan pendekatan mekanistik bertujuan membentuk kebiasaan dalam pola kalimat. Pendekatan ini disebut audio-lingual berdasarkan teori ilmu jiwa behaviorisme dan aliran linguistic.

Sedangkan paradigma baru, Laboratorium Bahasa tidak digunakan sebagai pengganti guru melainkan sebagai media pembelajaran. Fungsinya tidak hanya audio-lingual tapi juga berpengaruh terhadap kemampuan kognitif. Pendekatan ini dinamakan pendekatan komunikatif.

Dari penjelasan di atas bisa kita tarik kesimpulan bahwa peranan Lab Bahasa pada Paradigma Baru  lebih menyeluruh dan luas daripada paradigma lama.

sumber : panduan lab bahasa-klikguru

Testimoni Klien Kami